Ibu Bekerja Dirumah

Ibu Bekerja Dirumah
Ibu Bekerja di Rumah

Kamis, 22 Mei 2014

ISTILAH-ISTILAH DI ORIFLAME

Semangattt pagiiii... 
Ini aku posting tentang istilah-istilah dasar Oriflame yang sering banget dipakai dalam keseharian berbisnis di sini..
Seperti contoh tentang apa itu BPS? Apa itu Tupo? Apa itu CPL? Dan lain-lain..
Nah di sini bakal aku bahas secara singkat dan padat, semoga mentemen bisa mempelajari ini dan bisa membina jaringannya dengan mudah ya.. 

Here we go.. \(^_^)/

1. BPS (Bussiness Planning Session)
Apa itu BPS?
BPS atau Business Planning Session adalah salah satu pelatihan lain/meeting yang berguna untuk Core Team (Consultant 0 - 9%) dan Management Team (Manager 12% - 18%)
Dalam meeting ini, konsultan dapat bertemu dengan Manager atau Directornya untuk menentukan Target selanjutnya. Meeting bisa dilakukan secara langsung ataupun online, karena sistem D'BCN Oriflame secara online maka sistem BPS pun dilakukan secara online ke seluruh jaringan ya..
Ada baiknya mengadakan pertemuan rutin dengan Core Team kita, online maupun offline.

TENTUKAN TUJUAN JANGKA PENDEK...!
1. Bentuk Core Team (terdiri dari konsultan 0 - 9%)
- Siapa yang bisa menjadi Team?
- Bagaimana mengajak mereka?
- Kapan akan mengadakan pertemuan untuk melakukan BPS
2. Hadiri pertemuan rutin yang diadakan oleh d'BCN maupun Oriflame
3. Adakan home meeting bersama jaringan
Yang sebaiknya dibicarakan antara lain mengenai :
- Impian dan Tujuan masing-masing Core Team
- Problem yang ditemukan di lapangan dan bagaimana mengatasinya
- Menjalin hubungan baik antara upline dan downline
- Merencanakan kegiatan
- Menentukan target selanjutnya
- Menyamakan visi dan misi
Dengan melakukan BPS atau sering disebut OTO (One To One) ini, kita sebagai Leader diharapkan bisa mengetahui impian dan ambisi tiap konsultan dalam menjalankan bisnis ini. Dengan ini pula kita bisa membantu dan mengarahkan mereka menentukan apa target selanjutnya
*INGAT, tugas Leader adalah To be a COACH, not To be a BOSS
Sehingga saat mengadakan BPS dan menentukan Target adalah berdasarkan keinginan dan kemampuan sang downline yang memang ingin naik Level.. Ingin mencapai Target yang lebih tinggi, bukan sekedar keinginan sang Leader
TIPS BPS sebaiknya dilakukan :
-Tidak lebih dari tanggal 4 setiap bulan
Dan kemudian untuk pengecekan Target lakukan setiap tanggal 15 bulan tersebut
Untuk management team yaitu Manager 12% - 18%, kita sebagai Leader hanya membantu memantau perkembangan mereka dan Core Teamnya
Target agar Management Team berkembang adalah : - Rekrut member baru untuk menggantikan member yang tidak aktif
- Mengaktifkan member yang sudah ada
- Membangun Leader-leader baru
Bagaimana CARANYA? - Bantu para Leader untuk mencapai Target dengan melakukan BPS dan mempraktekkan file OTO.
- Lakukan review berkala untuk melihat perkembangan dari Target yg sudah ada
- Mengadakan pelatihan tambahan jika memang diperlukan
- Mengikuti SARPIO..

2. CP (Consultant Price)
• Harga yang harus dibayarkan konsultan ke Oriflame saat melakukan pembelanjaan.
• Daftar harga konsultan seluruh produk Oriflame katalog berjalan bisa dilihat di CPL (Consultant Price List).
• Consultant Price juga bisa dihitung dari harga katalog dengan rumus :
CP = Catalogue Price - 23%
Catalogue Price :
• Harga produk yang tertera di katalog bulan berjalan
• Harga yang harus dibayarkan pelanggan kepada konsultan.
• Catalogue Price bisa dihitung dari Consultant Price dengan rumus :
Catalogue Price = Consultant Price + 30%

3. Immediate Profit atau Keuntungan Langsung :
Adalah keuntungan langsung sebanyak 30% dari harga member yang bisa didapatkan oleh seorang consultant dengan melakukan penjualan kepada pelanggannya.
Performance Discount :
Adalah keuntungan yang didapat seorang konsultan dihitung dari omzet total BP yang dikumpulkan oleh dirinya pribadi dan orang-orang yang berada didalam groupnya (3%-21%).

4. New Starter (NS) :
Member yang baru bergabung di Oriflame dalam 30 hari terakhir.
Pada Activity Report (AR) bertanda S pada kolom R.
New Recruit (NR) :
Member yang baru bergabungdi Oriflame dan telah melakukan order minimal 1BP selama 30 hari terakhir.
Pada Activity Report (AR) bertanda R pada kolom R.
Qualified Recruit (QR) :
Member baru yang bergabung diOriflame dan telah memenuhi kualifikasi
Welcome Program 1 (WP1)
Pada Activity Report (AR) bertanda Q pada kolom R.
Business Point (BP) :
Nilai Point yang dimiliki oleh setiap produk Oriflame.
Business Volume (BV) :
harga sebelum pajak / harga dasar produk

5. Welcome Program (WP) :
Promo atau insentif yang diberikan Oriflame khusus kepada member baru selama periode 30 hari pertama hingga bulan ketiga sejak bergabung.
Welcome Program 1 (WP1) :
Promo atau insentif yang diberikan Oriflame khusus kepada member baru dimana apabila selama periode 30 hari pertama sejak bergabung YBS melakukan pembelanjaan sebesar 100BP maka di katalog berikutnya YBS berhak mendapatkan 1 buah produk Oriflame senilai maksimal Rp.100rb.
Welcome Program 2 (WP2) :
Promo atau insentif yang diberikan Oriflame khusus kepada member baru yang telah memenuhi kualifikasi WP1 dan di bulan keduanya bergabung YBS melakukan pembelanjaan sebesar 100BP maka di katalog berikutnya YBS berhak mendapatkan 1 buah produk Oriflame senilai maksimal Rp.129rb.
Welcome Program 3 (WP3) :
Promo atau insentif yang diberikan Oriflame khusus kepada member baru yang telah memenuhi kualifikasi WP2 dan di bulan ketiganya bergabung YBS melakukan pembelanjaan sebesar 100BP maka di katalog berikutnya YBS berhak mendapatkan 1 buah produk Oriflame senilai maksimal Rp.150rb.

6 . Business Class
Benefit yang diberikan kepada konsultan bila memenuhi BP pribadi minimal 150 BP. Bnenefit reguler untuk BC adalah discount salah satu produk sebesar 50% dihitung dari harga normal.
Activity :
Jumlah konsultan yang melakukan belanja pada peride katalog tersebut
Sales Force :
Jumlah Consultant yang aktif belanja minimal 1 BP dalam 3 katalog terakhir
LC (Leaders Club) :
• Target yang diberikan Oriflame kepada konsultannya, dan apabila berhasil dicapai akan mendapatkan benefit tertentu seperti berhak mengikuti LC seminar, salah satu syarat mengikuti Director Seminar, dan acara lainnya.
• Saat mencapai minimal Senior Manager, mencapai LC target juga berarti bonus tambahan berupa uang tunai
LC (Leaders Club) Qualification Criteria :
Target Activity dan QR yang diberikan Oriflame kepada konsultan setiap bulannya. Di website Oriflame (VIP ) bisa dilihat di Business Activity.
Activity Report (AR) :
• Laporan aktifitas konsultan Oriflame yang berisi data konsultan dan perkembangannya di Oriflame.
• Activity Report juga bisa didownload secara gratis dalam bentuk excel di web resmi Oriflame www.Oriflame.co.id

7. Merekrut :
• Mengajak orang lain untuk juga bergabung di Oriflame.
• Merekrut tidak harus mensponsori begitu juga sebaliknya.
Mensponsori :
Mendaftarkan member baru langsung dibawah kita.
Upline :
Orang yang berada diatas jalur sponsor kita. Misalnya A memiliki downline B dan C, maka A adalah upline B dan C.
Downline :
Orang yang berada dibawah jalur sponsor kita. Misal A mengajak bergabung B dan C, maka B dan C disebut downline A.
Crossline :
Orang-orang yang tidak memilki hubungan jalur sponsor langsung dengan kita. Misal A memiliki downline B dan C. Masing masing B dan C memiliki downline B1 dan C1, maka B1 dan C1 adalah crossline karena mereka tidak memiliki hubungan sponsor secara langsung.

8. TUPO (Tutup Poin)
Poin pribadi yang kita kumpulkan dari proses pembelanjaan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara ya Leaders karena pembelanjaan kita bisa menjual produk melalui katalog yang kita sebarkan baik itu secara online maupun offline. Hanya saja kita akan tekankan tentang KODE ETIK berjualan dan juga merekrut agar kita tidak melakukan spamming dan berakhir suspend oleh Oriflame. Karena Leaders, kita tidak hanya membawa nama baik d'BCN tapi juga membawa nama baik Perusahaan MLM Oriflame.
Mengenal dekat dengan istilah Tutup Poin (Tupo):
Tutup poin minimal dihitung untuk target 100bp (bonus poin) / bulan.
100bp akan diakumulasikan kurang lebih sekitar Rp. 600.000,- / bulan target penjualan pribadi untuk seterusnya akan dihitung sebagai poin grup (poin dari downline dan cabang pohon jaringan kita).
Manfaat Tupo:
Tupo itu untuk apa sih? Yup, pasti banyak diantara para new Leaders yang sering bertanya soal itu, banyak yang belum paham pentingnya tupo dalam bisnis ini. Karena pada dasarnya orang seringkali salah paham tentang tupo, maka tupo menjadi beban baginya untuk menjalankan bisnis Oriflame.
Nah, tupo ini bermanfaat untuk mencairkan bonus / gaji yang diberikan dari Oriflame untuk kita. Bonus / gaji ini dihitung sesuai dengan (poin pribadi + poin grup) dan diakumulasikan sesuai dengan level yang kita raih setiap bulannya.
Tips Tupo:
Ketika kita paham apa manfaat tupo itu, semua pasti ada jalan dan caranya masing-masing. Tapi yang lebih simpel ya BERJUALAN. Kita bisa menyebarkan katalog sebanyak mungkin, menawarkan ke pembeli, mengumpulkan orderan dan bisa juga sekaligus memakai sendiri seperti mengalihkan belanja bulanan kita ex: Shampoo, parfum, sabun, alat-alat kosmetik, Nutrishake untuk menyeimbangkan berat badan, dan lain-lain.
Karena Oriflame sudah banyak mengeluarkan produk dan jenis-jenisnya, maka kita sebagai consultant sekaligus Leaders bisa mencapai tutup poin bahkan bisa mengumpulkan lebih untuk menambah poin pribadi. Itu artinya, poin akan diakumulasikan menjadi gaji/bonus kita. Semakin tinggi dan cepat, maka semakin mudah kita meraih target yang diberikan oleh Oriflame.

Actually mentemen...
Semua istilah-istilah dasar ini sebenernya ada di web dan Starterkit Oriflame.
Lengkap!!!!
Dan beberapa pembelajaran-pembelajaran penting how to jalanin bisnis ini dengan FUN dari welcome email nya dbcn untuk para Leaders.

Tapi ya terkadang kita suka lupa, semoga postingan ini membantu mentemen disini...
Go Higherrr...Go PRESIDENT...!! 


Tidak ada komentar: